Mendatangkan Semua Pelanggan Ke Whatsapp

Seperti teman-teman ketahui, saat ini, whatsapp menjadi tempat yang sangat efektif sekali untuk mendapatkan pembeli / membuat barang yang kita jual secara online terjual. Olehnya itu penting sekali untuk selalu mengarahkan setiap calon pembeli kita menuju ke WHATSAPP kita.
Kenapa harus menggunakan whatsapp? Yess.. karena teman-teman tentu tahu, dengan mengetahui kontak WA pelanggan atau calon pelanggan kita, maka dikemudian hari kita tinggal mengirimkan dia penawaran-penawaran lainnya. Entah itu menawarkan produk baru, mengajaknya memperpanjang layanan yang dia beli dengan kita, dan lain sebagainya.
Nah pada artikel ini, kawan-kawan akan belajar bagaimana mengatur agar semua channel yang kita miliki arah akhirnya adalah ke whatsapp kita. 
1. Dari Grup Dagang Facebook ke Whatsapp
Salah satu tempat berjualan online yang mudah dipakai dan gratis adalah berjualan di grup dagang facebook. Kawan-kawan cukup join ke grup dagang yang relevan dengan produk kita, setelah join, tinggal kita buat postingan jualan kita disana. Jangan lupa, sisipkan nomor whatsapp kita entah pada bagian awal postingan, tengah maupun bagian akhir. Contohnya seperti gambar dibawah
Gambar : Screenshot Contoh Postingan Promosi Produk WABOMBER di Grup Dagang
2. Dari Akun Instagram ke Whatsapp
Berbeda dengan channel lainnya, pada Instagram kita hanya punya satu tempat untuk memasang link yaitu di BIO IG. Olehnya itu bila kita punya banyak link seperti link google maps, link whatsapp ( https://wa.me/62xxxx ), link akun facebook, link email, dan link-link lainnya, maka mungkin kita perlu menggunakan layanan seperti https://urlqu.com. Tapi bila tidak dimana kita hanya ingin memasang link WA, maka pada bio IG kita cukup tulis seperti ini https://wa.me/62822965699339 sehingga saat orang klik link tersebut mereka akan sampai di WA kita.
Gambar : Screeshot Akun Instagram Saya
3. Dari Channel YouTube ke Whatsapp
Screenshot gambar dibawah adalah contoh video-video yang diupload ke channel youtube. Tempat kita bisa menuliskan WA kita pada video yang kita upload di YouTube adalah pada bagian judul video dan deskripsi video
Gambar : Screenshot Contoh Postingan Video Di Channel YouTube
4. Dari Fanspage FB ke Whatsapp
Bila anda punya waktu, buatlah fanspage facebook. Atur sedemikian rupa fanspage facebook anda yang berkaitan dengan produk anda. Mulai dari memasang foto profilnya, foto kronologinya dan yang paling penting tombol “Selengkapnya” seperti pada gambar dibawah. Bila anda ingin membawa calon pelanggan anda ke WA lewat Fanspage ini, di pengaturan tombol “Selengkapnya”, isilah dengan link chat WA anda. Pada fanspage saya ini, https://www.facebook.com/trialmesinyutub/ saya mengarahkan orang ke formulir email. Anda bisa improvisasi dengan mengarahkan orang ke WA anda dengan menyematkan link WA anda.
Gambar : Screenshot Contoh Fanspage Facebook dengan tombol Selengkapnya
5. Dari Google Bisnis ke Whatsapp
Silahkan tonton video yang pernah saya buat tentang Google Bisnis pada video dibawah

Setelah anda sudah berhasil membuat google bisnis, silahkan buat tombol yang mengarahkan orang yang mengklik ke Whatsapp anda. Contohnya seperti:
Tentu masih banyak channel / tempat yang kita bisa pakai untuk menempatkan nomor WA kita. Dan saran saya selalu konsisten untuk mendatangkan nomor-nomor calon pelanggan baru ke WA teman-teman bagaimana pun caranya dan menggunakan channel apapun. Semakin banyak yang menjadi kontak WA teman-teman, suatu saat teman-teman semoga makin mudah jualannya karena sudah punya basis data pelanggan maupun calon pelanggan.

Selamat Praktek!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *